Rabu, 25 Maret 2020

PELAKSANAAN RITUAL ADAT TOLAK BALA DUSUN SUNGAI MAWANG

PELAKSANAAN RITUAL ADAT 
TOLAK BALA
DUSUN SUNGAI MAWANG




( tatangnurdian@blogspot.com )

Seiring dengan santernya isu Penyebaran wabah Virus Corona yang sekarang sedang heboh di Desa Sungai Mawang Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Sehingga Masyarakat Merasa Cemas,Resah,Gelisah dan hawatir dengan keselamatan nyawanya.


Sehingga Masyarakat dusun sungai mawang melakukan musyawarah mufakat guna mengantisipasi Dan mencegah penyebaran virus corona di wilayah dusun sungai mawang,upaya yang ditempuh Oleh Masyarakat melaui cara ritual adat tolak bala meminta keselamatan kepada jubata, Penompa ( Tuhan Yang Maha Esa ).


Dan acaranya dilaksanakan Pada hari ini Rabu  25  Maret  2020, bertempat di balai dusun sungai mawang, yang di hadiri oleh, masyarakat dusun sungai mawang, Ketua RT Se-dusun sungai mawang, Lembaga Adat Dusun Sungai Mawang, Pemuda Karang Taruna dusun Sungai Mawang.


Acara tersebut diselenggarakan oleh lembaga adat dusun sungai mawang dan husus untuk acara Bepomang itu di pimpin oleh Bpk. DANIEL ABI dan Bpk. ALENG SUWARDI  Serta Saudari Ibu NONA.


Acara Ritual Tersebut dimulai dari jam 07 : 00 WIB. ( Pagi ) Sampai Dengan Jam 14 : 30 WIB ( Sore ) " Sukur Puji Tuhan Acara Tersebut Berjalan Dengan Baik Sampai Selesai " Begitu Penuturan dari Saudara Bpk.Aleng Suwardi Selaku Pomang dalam acara tersebut saat di wawancara oleh
( Tatang Nurdian@blogspot.com ).


Adapun Pantang Setelah Acara tersebut yaitu bahwa warga dusun sungai mawang tidak boleh bepergian keluar kampung, tidak boleh menerima tamu dari luar kampung, tidak boleh memetik daun tidak boleh nyembelih binatang,tidak boleh membuat keributan dan waktu pantang hanya satu hari yaitu dari mulai hari Rabu Pagi tanggal  25  Maret  2020 untuk besok pagi hari kamis masyarakat dusun sungai mawang sudah bebas lagi dari pantang.

Di tulis Oleh                 : Tatang Nurdian

Di berdayakan Oleh : tatangnurdian@blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar